Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi

Ria Maharani

Abstract


Penelitian ini membahas upaya orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini menemukan bahwa prestasi belajar siswa di SMP Islam Al-Falah Jambi masih belum baik, karena banyak siswa yang memiliki nilai belajar rendah. Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Al- Falah Jambi adalah pengaruh negatif dari media informasi seperti televisi, telepon genggam, play station dan internet membuat anak malas belajar. Upaya orang tua dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Islam Al-Falah Jambi adalah secara langsung terlibat dalam memberikan bimbingan untuk anakanak belajar di rumah, mengawasi anak-anak belajar, memasukkan anak-anak ke Lembaga bimbingan belajar, aktif memeriksa hasil belajar anak-anak di sekolah, dan membawa guru swasta untuk melakukan kegiatan belajar dalam bentuk pelajaran privat untuk anak-anak di rumah, mengatur waktu belajar anak-anak untuk dibagikan dengan kegiatan lain seperti istirahat, mendampingi anak belajar dengan serius untuk mencapai prestasi belajar yang membanggakan.

 

Kata Kunci : Upaya, Orang Tua, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Anonim, Al Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: Gema Risalah Pers, 2010)

Anwar, Desi, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia, 2003)

Arif Rohman. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:

LaksBang Mediatama, 2011.

Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Apolo Lestari, 1998)

Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. (Malang: YA3

Malang, 1990)

Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka

Setia, 1998)

Mohamad Mustari. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

Munirwan Umar, PERANAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN PRESTASI

BELAJAR ANAK, Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, Nomor 1, Juni 2015

Magazine Mahjubah, Pendidikan Anak Sejak Dini Hingga Masa Depan, (Jakarta:

Firdaus, 1992)

Noer, Hery dan Munzier S. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung

Insani, 2000

Nawawi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Balai Pustaka, 1981)

Tri Rama K., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Karya Agung, tt)

Patmonodewo, Soemiarti , Pendidikan Anak Prasekolah, (Jakarta: Rineka Cipta,

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka

Cipta, 2010)

Suhardan, Dadang dkk., Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja

Rosda Karya. 2011)

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2004)

Wima Pudya Ajunda, Haryono, dan Sri Mulyani, Upaya Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ipa Semester

Genap Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Dengan

Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Di

Sma Negeri 1 Banyudono, Surakarta; Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol.

No. 2 Tahun 2017

Wiji Suwarno. (2006). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz

Media.

WS. Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi, (Jakarta: Gramedia, 1996)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal An-Nahdhah : Jurnal Pendidikan dan Hukum is Indexed By :

 

 

 

 

 

 

Rumah Jurnal STAI Ma'arif Jambi: Jl. KH. Abdurrahman Wahid Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Pal Merah Kota Jambi. Telp./Fax. 0741-570298. Hanphone/WA. 082136949568. (Dr. Sumarto, M.Pd.I), email: sumarto.manajemeno@gmail.com/ pustakamaarif16@gmail.com

 

http://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah ciptaan disebarluaskan di bawah lisensi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/