Literasi Pendidikan Agama Islam (Kebijakan Dan Penerapan) di SMA Kota Jambi

Kemas Imron Rosadi

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk Ingin mengetahui pertama rendahnya minat baca pendidikan agama Islam, kedua kurangnya motivasi membaca di kalangan siswa dalam pendidikan agama Islam, dan ketiga tuntutan kemampuan membaca dalam pengertian memahami teks secara analisis, kritis dan reflektif dalam pendidikan agama Islam masih jauh dari kata cukup. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kebijakan dan program yang dilakukan oleh pihak sekolah Literasi pendidikan Agama Islam yaitu dengan cara mengidentifikasi kebutuhan siswa, membuat perpustakaan kecil atau pojok baca pada setiap kelas, pengadaan perpustakaan sebagai sumber literasi, pembuatan dan pengembangan majalah dinding (Mading).

 

Kata Kunci: Literasi Pendidikan Agama Islam, SMA


Full Text:

PDF

References


Jam’an Satori, Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta. 2009.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan

Minimal Pendidikan Dasar.

Lexy J Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Michael A. Huberman dan Matthew B. Miles. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2007 tentang Pedoman bagi

Kepala Daerah dalam Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Negara dan

Bahasa Daerah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23

Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar

Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI),

Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah

Atas/madrasah Aliyah (SMA/MA).

Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43

Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang

Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19

tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Senge, Peter M. 1990. The Fifth Discipline: The Art & Practice of The Learning

Organization. New York: Currency Doubleday.

Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta. 2014.

Sugiono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta. 2012.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal An-Nahdhah : Jurnal Pendidikan dan Hukum is Indexed By :

 

 

 

 

 

 

Rumah Jurnal STAI Ma'arif Jambi: Jl. KH. Abdurrahman Wahid Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Pal Merah Kota Jambi. Telp./Fax. 0741-570298. Hanphone/WA. 082136949568. (Dr. Sumarto, M.Pd.I), email: sumarto.manajemeno@gmail.com/ pustakamaarif16@gmail.com

 

http://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah ciptaan disebarluaskan di bawah lisensi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/