Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Metode Pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi Jambi

Ahmad Saefulloh

Abstract


Artikel ini berusaha melihat sejauh mana efektifitas WhatsApp sebagai salah satu aplikasi sosial media yang digunakan sebagai sarana guru dalam mendidik dan meningkatkan kualitas pembelajaran. WhatsApp (WA) merupakan terobosan baru bagi pendidik untuk berkomunikasi kepada siswa maupun orang tua siswa dalam memberikan layanan informasi terkait program pembelajaran sekolah yang terhubung di dalam sebuah group chatting. Artikel ini bertujuan melihat bagaimana guru menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Nurul Ilmi Jambi yang beralamat di Jl. Julius Usman RT.18 Kelurahan Pematang Sulur, Telanaipura Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk menunjang kegiatan pembelajaran siswa di SMP IT Nurul Ilmi Jambi adalah guru menjadikan aplikasi Whatsaap sebagai aplikasi edukasi yang melibatkan antara guru, siswa dan orang tua. Penggunaan WA dalam aktivitas pembelajaran tersebut berfungsi sebagai sarana edukasi, sarana evaluasi, sarana penyambung informasi, serta sarana layanan konsultasi dan menjalin silaturrahmi. Guru membentuk group komunikasi melalui WhatsApp antara guru dengan siswa, dan guru dengan orang tua. Kendala dilapangan di temukan bahwa tidak semua siswa maupun orang tua siswa turut aktif dalam berdiskusi.

Kata Kunci; Metode, Pembelajaran, Whatsapp


Full Text:

PDF

References


Baumrind, Diana, Robert E. Larzelere, and Elizabeth B. Owens, ‘Effects of

Preschool Parents’ Power Assertive Patterns and Practices on Adolescent

Development’, Parenting, 2010

Deater-Deckard, Kirby, ‘Parenting Stress and Child Adjustment: Some Old

Hypotheses and New Questions’, Clinical Psychology: Science and Practice,

Ekadinata, Nopryan, and Doni Widyandana, ‘Promosi Kesehatan Menggunakan

Gambar Dan Teks Dalam Aplikasi WhatsApp Pada Kader Posbindu’, Berita

Kedokteran Masyarakat, 2017

HASHIM, NOOR AZUAN, NOR LIZA ABDULLAH, ROSMAH MAT ISA, and

HAWATI JANOR, ‘WhatsApp Messenger Application among Business

Students In Malaysia – An Exploration’, Jurnal Personalia Pelajar, 2015

Hati, Indah Permata, ‘DAMPAK PENERAPAN SURAT PEMBERITAHUAN

MASA ELEKTRONIK (e-SPT) TERHADAP EFEKTIVITAS DAN

PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (Studi Kasus Pada

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)’, Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 2016

Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional, Undang-Undang, 2003

Ismail, Mohamed Nazul, Ellyza Karim, Manisah Mohd Shah, Normah Ab Aziz,

and Haliza Hamzah, ‘WhatsApp: Komuniti Maya Dalam Teknologi

Komunikasi Mudah Alih’, Sains Humanika, 2014

Jati, Pujo Pranowo, ‘Analisis Pengaruh Aplikasi Whatsapp Terhadap Kinerja

Karyawan Pada Pt. First Position Group’, Pengaruh, Analisa Whatsapp,

Aplikasi Kinerja, Terhadap Pada, Karyawan, 2016

Kassim, Zahiah Binti, Abdul Razaq, and Bin Ahmad, ‘E-Pembelajaran: Evolusi

Internet Dalam Pembelajaran Sepanjang Hayat’, in Proceedings of Regional

Conference on Knowledge Integration in ICT 2010, 2010

Kunci, Kata, ‘Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif Dalam Perspektif AlQur’an’, AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2015

M-Edukasi, ‘Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan’,

Januari 2013, 2013

Mohd Anuar Ramli, Mohammad Aizat Jamaluddin, Abdul Qayyum Aminuddin &

Mohammad Najib Hamdan, ‘Penyebaran Maklumat Palsu Berkaitan Produk

Halal Dan Implikasinya Terhadap Industri Halal’, in Conference Paper, 2015

Muhammad Haris, ‘PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. H.M

ARIFIN’, Ummul Quro, 2015

Nor Faezah Mohd Hamidin, ‘Penggunaan Aplikasi “WhatsApp” Dalam

Pembelajaran & Pengajaran (P&P) DI KUIS’, E-Proceeding of the Global

Conference on Technology in Language Learning 2015., 2015

Novianti, Ariza, and Ami Fauzijah, ‘Sistem Informasi Sekolah Dasar Berbasis

SMS’, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009),

Rahma, Afifah, ‘Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas Kehidupan

Siswa’, Jurnal Fisip, 2015

Susilo, Adhi, ‘USING FACEBOOK AND WHATSAPP TO LEVERAGE

LEARNER PARTICIPATION AND TRANSFORM PEDAGOGY AT THE

OPEN UNIVERSITY OF INDONESIA Use of ICT in Course Delivery’,

Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 2014

Taufik, ‘Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, Dan

Peranan Tiga Elemen’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2014

Tobergte, David R., and Shirley Curtis, ‘Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada

Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Smk N 1 Sragen’, Journal of

Chemical Information and Modeling, 2013

Usman, Fadly, ‘Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah’,

Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 2016

Wahid, Fathul, ‘Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan

Bangsa’, Media Informatika, 2005

Wulandari, Ayu, ‘PENGGUNAAN JARGON OLEH KOMUNITAS CHATTING WHATSAPP GRUP’, Transformatika, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal An-Nahdhah : Jurnal Pendidikan dan Hukum is Indexed By :

 

 

 

 

 

 

Rumah Jurnal STAI Ma'arif Jambi: Jl. KH. Abdurrahman Wahid Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Pal Merah Kota Jambi. Telp./Fax. 0741-570298. Hanphone/WA. 082136949568. (Dr. Sumarto, M.Pd.I), email: sumarto.manajemeno@gmail.com/ pustakamaarif16@gmail.com

 

http://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah ciptaan disebarluaskan di bawah lisensi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/